News Update :

Pentingnya pasar domestik

Minggu, 23 Desember 2012


Pentingnya pasar domestik
SAAT ini, Indonesia dimasukkan sebagai salah satu negara kelompok The Next Eleven (N11). Negeri ini mengikuti jejak emerging countries lain, yang sudah tergabung dalam The BRIC (Brazil, Rusia, India dan China) dalam pertumbuhan ekonomi.

Seperti negara anggota The BRIC, Indonesia merupakan negara besar, dengan jumlah penduduk lebih dari 237 juta, disertai pertumbuhan pasar domestik dan kelas menengah perkotaan yang cepat. Tidak mengherankan, McKinsey Global Institute memperkirakan dalam laporannya, Indonesia akan menyandang gelar sebagai perekonomian terbesar ketujuh dunia pada tahun 2030, dengan 135 juta konsumen serta pasar bernilai US$ 1.8 triliun.

Dapat disimpulkan, pasar domestik akan menjadi sangat menarik. Apalagi, jika ia dibandingkan dengan pasar di negara-negara maju yang saat ini masih diliputi oleh ketidakpastian.

Pertanyaannya, apakah potensi pasar dan konsumen domestik itu, mampu dimanfaatkan sepenuhnya oleh pengusaha dan perusahaan lokal Indonesia? Atau, justru prospek yang cerah itu hanya dinikmati oleh perusahaan asing? 
Continue ►
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright my blog 2011 -2012 | Design by Riyo Septian